Broker Saham Terbaik Indonesia – Wajib Tahu!!

Saya sangat sering ditanyai oleh para teman kampus yang masih baru belajar saham. Karena kebetulan saya sudah lama berkecimpung di dunia saham dan sering juga main ke tempat broker saham yang ada di BNI 46 kesawan Medan. Mereka mengira saya beli saham disitu, melainkan sebenarnya saya cuma lebih sering saja para bapak-bapak yang relain datang kesitu hanya untuk trading harian. Saya pribadi cuma asik untuk mendengar komentar dan perang opini antara beliau-beliau sekalian tentang makroekonomi, saham yang sebaiknya dibeli, dan juga hal-hal yang lain.

indeks

Broker saham bukan untuk mencari informasi ekonomi!

Yang namanya sekuritas ataupun pialang itu fungsinya hanya sebagai lembaga perantara antara kita sebagai investor individual ke lantai bursa efek Indonesia. Tidak kurang tidak lebih. Ok mungkin mereka juga menyediakan software trading, tapi itupun pelayanan yang standard lah. Kalau anda mau tanya makroekonomi dan saham mana yang mau dibelil jangan harap deh. Soalnya mereka bakalan ngasih tips yang aman-aman saja. Lebih baik anda analisa sendiri sahamnya dari jasa stock picker atau mungkin utak atik analisa teknikal dari beberapa saham LQ45, dan lihat perusahaan mana yang masih dibawah moving average 20 weekly. Lalu bersiap-siap aja tuh masuk saat sinyal beli sudah muncul.

Tips mencari pialang saham yang bagus

Saya punya beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar sebuah perusahaan pialang bisa masuk kategori broker saham terbaik di daftar saya. Pertama dan terutama harus resmi terdaftar di OJK, kedua harus ramah pelayanannya, ketiga harus punya software trading online, keempat komisi gak boleh tinggi, kelima punya jumlah klien yang banyak sebagai bukti bahwa mereka sudah dipercaya oleh investor lainnya. Soalnya saya sendiri cenderung berinvestasi dalam jumlah yang banyak, dan saya hanya mau memastikan kalau uang saya aman, tidak dilarikan, apalagi diselewengkan oleh pihak broker. Jadi anda harus waspada selalu sih. Kalau ragu cari aja dulu review broker tersebut online.

Sebagai referensi saja ini beberapa perusahaan sekuritas di Indonesia yang dapat anda pertimbangkan:

  1. Indo Premier Securities
  2. Panin Sekuritas
  3. Kiwoom Securities
  4. Sinarmas Sekuritas
  5. Mandiri Sekuritas
  6. BNI
  7. Kresna Graha Sekurindo

Tips terakhir:

Untuk mendapatkan keuntungan yang optimal saran saya anda sebaiknya jangan pernah masuk keluar pasar tiap hari. Yang ada nantinya anda akan terlalu banyak bayar komisi saham sehingga keuntungan anda pun tidak terasa, atau kalau sedang rugi anda akan semakin terpuruk. Sebaiknya kalaupun mau jadi trader, jadilah swing trader yang masuknya tidak terlalu sering dan masih tetap mengutamakan aspek keuntungan. Biasanya saya disekitar 6 bulan baru melakukan transaksi, mengingat sebenarnya siklus naik turun saham biasanya baru tampak ketika sudah lewat masa ini. Kadang misalkan saham tidak akan pernah naik terus selama lebih dari 6 bulan, dan tidak akan pernah drop terus lebih dari 6 bulan. Jadi saya selalu dalam posisi siaga kalau sudah membeli sebuah saham agar tidak menahannya terlalu lama, dan pintar membaca situasi. Karena memang saya hanya bisa ambil untung dari posisi satu arah; LONG bukan SHORT.

Gitu aja deh curhatan kali ini, selamat berinvestasi/trading ria. Semoga profit!